Slider-1-Title-Here

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Donec quam felis, ultricies nec, pellentesque eu, pretium quis, sem. Nulla consequat massa quis enim.

Slider-2-Title-Here

In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus. Aenean leo ligula, porttitor eu, consequat vitae, eleifend ac, enim. Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet.

Slider-3-Title-Here

Aenean imperdiet. Etiam ultricies nisi vel augue. Curabitur ullamcorper ultricies nisi. Nam eget dui. Etiam rhoncus. Maecenas tempus, tellus eget condimentum rhoncus, sem quam semper libero, sit amet adipiscing sem neque sed ipsum. Nam quam nunc, blandit vel, luctus pulvinar, hendrerit id, lorem.

Slider-4-Title-Here

dui quis mi consectetuer lacinia. Nam pretium turpis et arcu. Duis arcu tortor, suscipit eget, imperdiet nec, imperdiet iaculis, ipsum. Sed aliquam ultrices mauris. Integer ante arcu, accumsan a, consectetuer eget, posuere ut, mauris. Praesent adipiscing. Phasellus ullamcorper ipsum rutrum nunc. Nunc nonummy metus. Vestibulum volutpat pretium libero. Cras id dui.

Slider-5-Title-Here

Aenean tellus metus, bibendum sed, posuere ac, mattis non, nunc. Vestibulum fringilla pede sit amet augue. In turpis. Pellentesque posuere. Praesent turpis. Aenean posuere, tortor sed cursus feugiat, nunc augue blandit nunc, eu sollicitudin urna dolor sagittis lacus.

15.3.10

CADRE Training in Manila; Preparing Day

Setelah menjalani perjalanan selama 12 jam kemarin, jadi teringat lagu “Living on the Jet Plane”, hari ini 8 Maret 2010 kami tim instruktur CADRE rapat persiapan pelatihan. Pelatihan ini dimotori oleh ADPC (Asian Disaster Preparedness Center) dan disponsori oleh American Red Cross serta USAid, dan juga didukung oleh IFRC dan Philippine Red Cross.

Persiapan pelatihan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab ini, dimana peran dibagi habis sesama instruktur dan dijalankan dengan serius. Kebetulan saya mendapatkan tugas di Lesson 4: Well-being and Family Preparedness sebagai instruktur utama dan juga mendapat jatah dibeberapa stasiun: 1) First Aid: Bleeding Control; 2) BLS; 3) Water Safety & Fire: Improvise Floating Device; 4) Basic Search & Rescue (community – Light SAR).

Setelah rapat, kami merefresh ulang pengetahuan dan keterampilan kami dalam bidang Medical First Responder & Collapse Structure Search and Rescue (CSSR).

Kegiatan dimulai dengan memotong-motong balok dalam ukuran tertentu yang nantinya akan digunakan sebagai alas dalam pengangkatan beton yang “menindih” korban struktur bangunan yang runtuh.

Dalam refresh ini suatu tindakan keselamatan haruslah diperhatikan, dimana semua instruktur yang terlibat sudah harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai. Hal ini bertujuan agar nantinya peserta akan melihat bahwa kewajiban penggunaan APD dalam pelatihan ini juga dikenakan terhadap instruktur dan juga siapa saja yang ada dilokasi pelatihan (admin, dan petugas monitor dari pihak donor).

Dalam penyegaran dan persiapan pelatihan bidang CSSR ini saya menjadi tim yang mengangkat beton yang runtuh.

Betapa beratnya beton yang dijadikan model, saya ditugaskan menyusun balok-balok dicelah beton yang diangkat oleh mitra saya Iwan dan Ryan, sedangkan saya bersama Taba.

Jarangnya olah raga dan perut yang sudah mulai membusung membuat saya cepat ngos-ngosan dan sedikit mengalami kesulitan saat berlutut, wah setelah ini saya harus rajin olah raga dan mengecilkan perut nih – aerobic dan bersepeda cocok ga yah?
Selain itu, sarung tangan safety yang pernah saya gunakan saat operasi kemanusiaan tsunami di Aceh juga sudah kekecilan, walah. Untunglah bahan yang bagus dari sarung tangan tidak membuat tangan saya terluka, ia masih bisa menyesuaikan bentuk tanganku walaupun sedikit ketat.

Suhu di Antipolo 14°35′N 121°10′E lumayan panas sehingga membuat keringatan. Dan ini baru hari persiapan, bagai mana saat dilapangan nanti?

Info Salah Membuat Panik
Saat waktu menunjukkan pukul 15:00 Bong datang ke saya dan bilang peserta dari Indonesia hilang kontak, pesawat sudah mendarat 2 jam lalu, penjemput belum berhasil menjumpai mereka. Telpon mereka tidak bisa dihubungi, sepertinya provider telpon Filipina belum ada kerjasama dengan Indonesia untuk roaming internasional.

Jelas saja saya khawatir, namun seingat saya jam 13-an itu peserta Indonesia baru sampai Singapura belum Manila, namun Witchai dan Bong yakin kalau seharusnya mereka sudah tiba. Saat tim dari Bangladesh tiba tanpa peserta dari Indonesia, saya semakin khawatir. Namun akhirnya Witchai mengatakan bahwa mereka memang tiba nanti malam, jam segitu (13-an) masih di Singapura, walah bener kan apa kata saya?

Daftar Tim Instruktur:
1. Leonardo P. Ebajo: Philippine Red Cross
2. Setiawan Gerda Y: Basarnas; Indonesia
3. Ujang Dede Lasmana: Indonesian Red Cross (PMI)
4. Glenn Edwin Castro: Departement of Health; Philippine
5. Ryan Zaldy Abrera: Bureau of Fire Protection; Philippine
6. Oliver Eugenio: Bureau of Fire Protection; Philippine
7. Aurora De La Rosa: Civil Department; Phillipne
8. Medardo C. Batiller: Emergency Unit Foundation CMS; Phillipine


Silahkan memberikan komentar anda mengenai tulisan disini, atau di boks dibawah tulisan ini, terima kasih.

GPS murah di sini, kontak: tracknavigate[at]yahoo[dot]com

0 komentar:

Post a Comment

Another Articles

Ready to Download

Silahkan Unduh Manual dibawah ini, bila dijadikan referensi mohon dicantumkan sumbernya.

Manual Mahir Memanfaatkan Peta Navigasi.net untuk Garmin Map 76 CSx, ETrex Vista HCx dan Nuvi Series dalam 30 Menit

Manual singkat yang berisikan langkah-langkah Instalasi dan memanfaatkan peta navigasi.net untuk GPS Garmin Map 76 CSx, ETrex Vista HCx dan Nuvi Series


Manual Mahir Garmin Map 76 CSx dalam 30 Menit

Manual singkat yang berisikan langkah-langkah penggunaan GPS Garmin Map 76 CSx


Manual Garmin HCx untuk Pemetaan Risiko Bencana

Manual yang berisikan langkah-langkah penggunaan GPS Garmin HCx untuk memetakan risiko bencana, dan juga berisi bagaimana mengolah data di MapSource setelah mendapatkan data GPS


Daftar Legenda dalam Pemetaan Risiko Bencana

Berisikan legenda-legenda yang ada dalam manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko digunakan dalam memetakan risiko bencana


Daftar Kebutuhan Pemetaan Risiko Bencana

Daftar yang berisikan keperluan-keperluan pemetaan risiko bencana yang biasa digunakan oleh PMI


Daftar Istilah dalam Pemetaan Risiko Bencana

Berisikan istilah-istilah yang ada dalam manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko digunakan dalam memetakan risiko bencana


Kamus SIGaP/ Dictionary of PGIS

Berisikan istilah-istilah yang digunakan dalam Sistem Informasi Geografis Partisipatif, keluaran PPGIS/IAPAD


Diagram Alur Pemetaan Risiko Bencana

Diagram alur pemetaan risiko bencana yang biasa digunakan oleh PMI


Formulir Hazard

Formulir Hazard/Ancaman yang biasa digunakan oleh PMI


Formulir Isian

Formulir Isian dalam pemetaan risiko yang biasa digunakan oleh PMI




Daftar di bawah ini merupakan Bab-bab yang ada dalam Buku Manual Sistem Informasi Geografis Partisipatif (SIGaP): Pemetaan Risiko yang dilakukan secara Partisipatif

Bab 2: GPS

Bab 2 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan dasar-dasar GPS dan hubungannya dengan Risiko Bencana


Bab 4: Analisa Data

Bab 4 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan bagaimana menganalisa data yang sudah didapat dalam pemetaan di lapangan oleh Sukarelawan PMI


Bab 5: Membuat Peta Tumpang Susun/Overlay, Peta Dinding, dan 3 Dimensi

Bab 5 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan bagaimana membuat peta tumpang susun, peta dinding, dan peta 3 Dimensi. Langkah ini merupakan langkah berikutnya setelah pengolahan data dengan MapSource


Bab 6: Google Earth

Bab 6 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan dasar-dasar pemanfaatan Google Earth dalam pemetaan Risiko

Ready Downloaded List: Mapping Software

Download Google Earth
Google Earth Versi 6.2

Unggah Google Earth versi terbaru



Download MapSource Mutakhir MapSource software version 6.16.3

Tingkatkan MapSource anda dengan piranti lunak MapSource terbaru dari sumber aslinya



Up Date software unit Garmin Anda Up Date Software Garmin Anda

Tingkatkan Performa GPS Receiver Garmin anda dengan piranti lunak dari sumber aslinya

Reader