Slider-1-Title-Here

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Donec quam felis, ultricies nec, pellentesque eu, pretium quis, sem. Nulla consequat massa quis enim.

Slider-2-Title-Here

In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus. Aenean leo ligula, porttitor eu, consequat vitae, eleifend ac, enim. Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet.

Slider-3-Title-Here

Aenean imperdiet. Etiam ultricies nisi vel augue. Curabitur ullamcorper ultricies nisi. Nam eget dui. Etiam rhoncus. Maecenas tempus, tellus eget condimentum rhoncus, sem quam semper libero, sit amet adipiscing sem neque sed ipsum. Nam quam nunc, blandit vel, luctus pulvinar, hendrerit id, lorem.

Slider-4-Title-Here

dui quis mi consectetuer lacinia. Nam pretium turpis et arcu. Duis arcu tortor, suscipit eget, imperdiet nec, imperdiet iaculis, ipsum. Sed aliquam ultrices mauris. Integer ante arcu, accumsan a, consectetuer eget, posuere ut, mauris. Praesent adipiscing. Phasellus ullamcorper ipsum rutrum nunc. Nunc nonummy metus. Vestibulum volutpat pretium libero. Cras id dui.

Slider-5-Title-Here

Aenean tellus metus, bibendum sed, posuere ac, mattis non, nunc. Vestibulum fringilla pede sit amet augue. In turpis. Pellentesque posuere. Praesent turpis. Aenean posuere, tortor sed cursus feugiat, nunc augue blandit nunc, eu sollicitudin urna dolor sagittis lacus.

22.8.08

Pemetaan oleh Anak-anak (Children Map) di Ciloto Puncak


Pada saat teman saya dari Afrika membaca jadwal kuliah modul PGIS di ITC Belanda, dia berkomentar begitu melihat ada sesi pemetaan oleh anak-anak.

Bagaimana bisa anak-anak membuat peta yang layak untuk sebuah perencanaan perkotaan, paling-paling hasil yang kita dapat adalah coret-coretan yang tidak bermakna. Seperti itulah komentarnya.





Tapi, betulkah anak-anak tidak bisa membuat peta?

Ya, betul tergantung usianya.





Awal tahun ini saya berkesempatan untuk memfasilitasi pelatihan asesmen kerentanan dan kapasitas suatu desa terkait ancaman dan risiko bencana, dan salah satu materinya adalah pemetaan.





Pada saat field exercise satu kelompok saya minta untuk membuat peta desa Ciloto dengan anak-anak sebagai pelaksananya. Sama seperti teman saya, peserta juga tercengang bagaimana bisa anak-anak membuat dan bagaimana pendekatannya. Terbayang oleh mereka. Anak-anak hanya hilir mudik, banyak bertanya karena tidak jelas walaupun sudah dijelaskan berkali-kali. Dan hasilnya hanya coretan.





Selanjutnya, proses pemetaan bersama anak-anak dimulai. Dan peserta pelatihan sebagai fasilitator menjelaskan terlebih dahulu kepada anak-anak hal-ihwal peta desa dan kenapa mereka harus membuat peta tersebut.





Memang dasarnya anak-anak, tetap saja mereka tetap suka bermain dan bercanda.
Tidak seperti awal pelaksanaan, 10 menit setelah dimulai, terlihat wajah-wajah para fasilitator bisa tersenyum. Apalagi setelah dilihat ternyata anak-anak SD itu bisa membuat peta. Dan anak-anak itu terlihat menikmati, apalagi setelah ada bantuan logistik untuk para tamu kecil itu, yah permen roti, air mineral dll.





“Aman dan Damaikah” proses pembuatan peta? Jelas tidak. Perdebatan, saling ejek karena yang lain tidak tahu suatu lokasi terjadi sering terjadi. Pada saat perdebatan baru terjadi terlihat seorang fasilitator ingin mendamaikan, segera saya “tarik” ia dan saya katakan biarkan saja mereka mencari kesepakatan diantara mereka sendiri. Mereka tidak akan saling berkelahi hanya karena ini.





Setelah sekitar dua jam, selesailah peta desa mereka.



Dan hasilnya?



Terlihat beberapa titik, beberapa diantaranya yaitu mereka banyak mengidentifikasi factory outlet dan hotel (memang sih disana banyak FO dan hotel), saya tanya kenapa kalian memetakan FO? Mereka menjawab karena setiap lebaran kami dibelikan pakaian oleh orang tua di FO. Hotel? Karena kami nantinya bekerja di hotel sekitar desa.





Bagaimana tempat yang mereka benci? Ada yang memetakan suatu sekolah karena dia benci dengan salah satu siswanya atau karena ia sekolah disana atau karena ia berencana nanti sekolah disana (dipesantren misalnya).





Untuk lokasi berbahaya setelah saya bandingkan dengan peta orang dewasa, terlihat lebih banyak dipetakan oleh anak-anak, alasannya? Orang tua mereka mengatakan daerah itu berbahaya sehingga mereka memetakannya. Dikejar dengan pertanyaan apakah ada yang pernah ke tempat bahaya tersebut? mereka jawab ya pernah, terutama anak laki-laki, karena mereka penasaran.





Setelah puas menggali informasi, mereka kami bawa ke tempat pertemuan utama dan meminta mereka untuk mempresentasikan hasilnya di depan orang tua mereka. Jelas grogi mereka, namun setelah di beri “penguatan” akhirnya mereka PeDe juga.





Dan presentasi mereka membuat orang tua mereka terperangah dengan kemampuan anak mereka. Terutama dengan pengetahuan spasial anak mereka.





Jadi, anak-anak bisa juga kan membuat peta wilayah?








AKHIR DARI TULISAN INI




2 komentar:

  1. lucu juga ya anak2 itu.. memetakan FO dan Hotel..
    bahkan mereka sudah "meramalkan" masa depannya nanti bakal bekerja di hotel :D

    ReplyDelete
  2. Wah...mappers yunior dunk...

    ReplyDelete

Another Articles

Ready to Download

Silahkan Unduh Manual dibawah ini, bila dijadikan referensi mohon dicantumkan sumbernya.

Manual Mahir Memanfaatkan Peta Navigasi.net untuk Garmin Map 76 CSx, ETrex Vista HCx dan Nuvi Series dalam 30 Menit

Manual singkat yang berisikan langkah-langkah Instalasi dan memanfaatkan peta navigasi.net untuk GPS Garmin Map 76 CSx, ETrex Vista HCx dan Nuvi Series


Manual Mahir Garmin Map 76 CSx dalam 30 Menit

Manual singkat yang berisikan langkah-langkah penggunaan GPS Garmin Map 76 CSx


Manual Garmin HCx untuk Pemetaan Risiko Bencana

Manual yang berisikan langkah-langkah penggunaan GPS Garmin HCx untuk memetakan risiko bencana, dan juga berisi bagaimana mengolah data di MapSource setelah mendapatkan data GPS


Daftar Legenda dalam Pemetaan Risiko Bencana

Berisikan legenda-legenda yang ada dalam manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko digunakan dalam memetakan risiko bencana


Daftar Kebutuhan Pemetaan Risiko Bencana

Daftar yang berisikan keperluan-keperluan pemetaan risiko bencana yang biasa digunakan oleh PMI


Daftar Istilah dalam Pemetaan Risiko Bencana

Berisikan istilah-istilah yang ada dalam manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko digunakan dalam memetakan risiko bencana


Kamus SIGaP/ Dictionary of PGIS

Berisikan istilah-istilah yang digunakan dalam Sistem Informasi Geografis Partisipatif, keluaran PPGIS/IAPAD


Diagram Alur Pemetaan Risiko Bencana

Diagram alur pemetaan risiko bencana yang biasa digunakan oleh PMI


Formulir Hazard

Formulir Hazard/Ancaman yang biasa digunakan oleh PMI


Formulir Isian

Formulir Isian dalam pemetaan risiko yang biasa digunakan oleh PMI




Daftar di bawah ini merupakan Bab-bab yang ada dalam Buku Manual Sistem Informasi Geografis Partisipatif (SIGaP): Pemetaan Risiko yang dilakukan secara Partisipatif

Bab 2: GPS

Bab 2 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan dasar-dasar GPS dan hubungannya dengan Risiko Bencana


Bab 4: Analisa Data

Bab 4 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan bagaimana menganalisa data yang sudah didapat dalam pemetaan di lapangan oleh Sukarelawan PMI


Bab 5: Membuat Peta Tumpang Susun/Overlay, Peta Dinding, dan 3 Dimensi

Bab 5 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan bagaimana membuat peta tumpang susun, peta dinding, dan peta 3 Dimensi. Langkah ini merupakan langkah berikutnya setelah pengolahan data dengan MapSource


Bab 6: Google Earth

Bab 6 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan dasar-dasar pemanfaatan Google Earth dalam pemetaan Risiko

Ready Downloaded List: Mapping Software

Download Google Earth
Google Earth Versi 6.2

Unggah Google Earth versi terbaru



Download MapSource Mutakhir MapSource software version 6.16.3

Tingkatkan MapSource anda dengan piranti lunak MapSource terbaru dari sumber aslinya



Up Date software unit Garmin Anda Up Date Software Garmin Anda

Tingkatkan Performa GPS Receiver Garmin anda dengan piranti lunak dari sumber aslinya

Reader