3.9.09
Using GPS for Mudik: Lets Safety First Think!
Berhati-hatilah mengutak-atik (mencari PoI, memasukkan koordinat, dll) GPS anda disaat anda mengemudi.
Salah satunya, usaha anda tersebut akan memecahkan konsentrasi anda disaat mengemudi walaupun hal itu anda lakukan sebentar saja. Apalagi bila anda menggunakan sepeda motor.
Menurut Presiden AAA Foundation bidang keselamatan lalu lintas (USA), yang dikutip National geographic Traveler (Edisi Indonesia, September 2009): “risiko terjadi kecelakaan semakin besar karena pengemudi kehilangan konsentrasi”. Berdasarkan penelitian, pengemudi yang kehilangan konsentrasi mengalami kecelakaan fatal (78%) dan kecelakaan ringan (60%).
Bahkan menurut Charlie Klauer (peneliti di Center for Automotive Safety Research di Virginia Tech – Blacksburg, VA) “Bila konsentrasi pengemudi terganggu, meski hanya 2 – 6 detik saja, tetap melipatgandakan risiko terjadinya kecelakaan.”
Berikut ini beberapa tips keselamatan dalam penggunaan GPS di kendaraan anda:
1. Menepilah, kemudian berhenti untuk menseting GPS anda (mencari PoI, memasukkan koordinat, dll).
2. Bila memungkinkan, minta tolong pada teman disamping anda untuk mencari PoI, memasukkan koordinat. Sebaiknya anda sudah mengorientasikan bagaimana menggunakan GPS sebelum jalan.
3. Fahami bahwa data yang ditampilkan dipeta terkadang tidak akurat, posisi PoI yang tidak tepat atau belokkan jalan dll. Informasi tidak 100% tepat.
4. Hati2 penggunaan perintah suara, karena terkadang mengagetkan.
5. Gunakan Bracket yang dikeluarkan oleh pabrik GPS yang sesuai dengan milik anda.
6. Letakkan GPS dengan bracket diposisi yang tidak mengganggu pemandangan anda.
7. Jangan letakan GPS tanpa brecket di dashboard, karena bila mengerem mendadak atau terjadi sesuatu tidak terpental dan mengenai anda atau orang yang anda cintai.
8. Peta cetakan ternyata masih tetap dibutuhkan.
Untuk pabrikan GPS, diharapkan dapat menerapkan sebuah sistem, dimana GPS tidak bisa diprogram untuk petunjuk baru bila kendaraan sedang melaju atau mesin dinyalakan.
Memang untuk GPS Garmin Nuvi series, bila kendaraan dalam kecepatan akan menampilkan peringatan bila anda mengubah/memprogram ulang, namun bila anda memilih melanjutkan maka anda tetap bisa memprogram ulang.
Jadi, mudiklah dengan aman dan nyaman. Merayakan hari Raya Idul Fitri dengan keluarga kan tujuan utama kita.
Gunakan GPS dengan aman. Karena GPS saat ini banyak yang memanfaatkan.
”Soal melengkapi mobil dengan GPS ini merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan, bila ingin menjelajah secara mandiri dengan cara bermobil.” demikian ungkapan Maria Sukrisman/Manggalani R. Ukirsari dalam tulisannya Jelajah Launceston sampai Hobart – National Geographic Traveler Indonesia September 2009, halaman 35.
Selamat mudik dan semoga selamat.
Another Articles
Post Groups
Ready to Download
Manual singkat yang berisikan langkah-langkah Instalasi dan memanfaatkan peta navigasi.net untuk GPS Garmin Map 76 CSx, ETrex Vista HCx dan Nuvi Series
Manual singkat yang berisikan langkah-langkah penggunaan GPS Garmin Map 76 CSx
Manual yang berisikan langkah-langkah penggunaan GPS Garmin HCx untuk memetakan risiko bencana, dan juga berisi bagaimana mengolah data di MapSource setelah mendapatkan data GPS
Daftar Legenda dalam Pemetaan Risiko Bencana
Berisikan legenda-legenda yang ada dalam manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko digunakan dalam memetakan risiko bencana
Daftar Kebutuhan Pemetaan Risiko Bencana
Daftar yang berisikan keperluan-keperluan pemetaan risiko bencana yang biasa digunakan oleh PMI
Daftar Istilah dalam Pemetaan Risiko Bencana
Berisikan istilah-istilah yang ada dalam manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko digunakan dalam memetakan risiko bencana
Kamus SIGaP/ Dictionary of PGIS
Berisikan istilah-istilah yang digunakan dalam Sistem Informasi Geografis Partisipatif, keluaran PPGIS/IAPAD
Diagram Alur Pemetaan Risiko Bencana
Diagram alur pemetaan risiko bencana yang biasa digunakan oleh PMI
Formulir Hazard
Formulir Hazard/Ancaman yang biasa digunakan oleh PMI
Formulir Isian
Formulir Isian dalam pemetaan risiko yang biasa digunakan oleh PMI
Daftar di bawah ini merupakan Bab-bab yang ada dalam Buku Manual Sistem Informasi Geografis Partisipatif (SIGaP): Pemetaan Risiko yang dilakukan secara Partisipatif
Bab 2: GPS
Bab 2 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan dasar-dasar GPS dan hubungannya dengan Risiko Bencana
Bab 4: Analisa Data
Bab 4 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan bagaimana menganalisa data yang sudah didapat dalam pemetaan di lapangan oleh Sukarelawan PMI
Bab 5: Membuat Peta Tumpang Susun/Overlay, Peta Dinding, dan 3 Dimensi
Bab 5 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan bagaimana membuat peta tumpang susun, peta dinding, dan peta 3 Dimensi. Langkah ini merupakan langkah berikutnya setelah pengolahan data dengan MapSource
Bab 6: Google Earth
Bab 6 dari buku Manual SIGaP untuk Pemetaan Risiko, yang merupakan buku pertama dalam rangkaian buku Pemetaan Risiko. Berisikan dasar-dasar pemanfaatan Google Earth dalam pemetaan Risiko
Ready Downloaded List: Mapping Software
Google Earth Versi 6.2
Unggah Google Earth versi terbaru
Download MapSource Mutakhir MapSource software version 6.16.3
Tingkatkan MapSource anda dengan piranti lunak MapSource terbaru dari sumber aslinya
Up Date software unit Garmin Anda Up Date Software Garmin Anda
Tingkatkan Performa GPS Receiver Garmin anda dengan piranti lunak dari sumber aslinya
0 komentar:
Post a Comment